Blog | Rumahbali.id

5 Tips Memilih Material Bangunan untuk Konstruksi Rumah Sederhana

Diposting pada 04 August 2022

Rumah Sederhana – Material bangunan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam konstruksi sebuah rumah.

Material bangunan yang dipilih akan memengaruhi kualitas keseluruhan bangunan Anda. Jika bekerja sebagai seorang arsitek, maka Anda berhak untuk menentukan bahan bagunan terbaik.

Bahan bangunan sendiri ada yang berasal dari bahan alami dan ada juga yang berasal dari pabrik. Bahan alami adalah material yang berasal dari bahan-bahan ramah lingkungan.

Sementara itu, bahan bangunan yang bukan alami biasanya diolah oleh pabrik dan mengandung bahan kimia tertentu.

Beberapa material bahan alami seperti batu kali, lumpur dan tanah liat, batu bata, pasir, kerikil, batako, genting, kayu dan lain sebagainya.

Sedangkan material bahan bukan alami seperti semen, kaca, pipa, kabel listrik, keramik, cat dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan pemilihan material bangunan agar Rumah Sederhana Anda mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

5 Tips Memilih Bahan Material Bangunan untuk Rumah Sederhana Anda

Tips Memilih Batu untuk Pondasi

Jenis batu rekomendasi terbaik untuk pondasi adalah jenis batu belah. Batu belah merupakan batu hasil pemecahan dari batu bulat yang berukuran besar.

Batu belah ada yang berupa batu hitam dan batu putih kecoklatan. Batu ini biasa didapatkan dari daerah di sekitar gunung api yang masih aktif atau berada di daerah perbukitan.

Untuk kebutuhan pondasi bangunan, batu belah sangat tepat untuk digunakan karena bentuk belahannya yang saling mencengkeram.

Tips Memilih Batu Bata

Batu bata masih menjadi salah satu material favorit yang digunakan untuk struktur dinding, pagar, dan elemen bangunan yang lainnya.

Adapun jenis batu bata yang sering digunakan adalah jenis batu bata yang dibuat dari tanah liat kemudian dibakar sehingga memiliki warna merah kecoklatan.

Batu bata yang berkualitas cukup mudah untuk dikenali biasanya ditandai dengan suara ketukan yang terdengar nyaring.

Tips Memilih Genteng

Genteng menjadi elemen penting dari sebuah bangunan karena berfungsi melindungi dari terik matahari, hujan dan juga kotoran.

Di pasaran saat ini telah tersedia berbagai jenis genteng, mulai dari genteng tradisional yang terbuat dari tanah liat, genteng beton, genteng metal, genteng keramik dan beberapa jenis lainnya.

Genteng yang saat ini masih menjadi favorit adalah jenis genteng keramik yang teruji daya tahannya seperti yang terlihat pada bangunan – bangunan kuno seperti Joglo Jawa, Kuil – Kuil Cina dan Jepang.

Ketahanan dari genteng keramik sendiri diperoleh melalui pembakaran dalam suhu tinggi sampai dengan 11000 C.

Tips Memilih Pasir

Pasir yang berkualitas baik ditandai dengan rendahnya kandungan lumpur atau memiliki kandungan lumpur kurang dari 5%.

Lumpur yang bercampur dengan pasir akan membuat ikatan semen dan pasir menjadi tidak kuat.

Pasir dengan kualitas baik maka akan terasa tajam di telapak tangan. Selain itu, pasir juga tidak mudah menggumpal. 

Umumnya pasir dengan kualitas baik berasal dari sungai atau danau yang bagian hulunya berada di puncak gunung berapi. Pasir tersebut merupakan hasil dari erupsi vulkanik gunung berapi.

Pada saat musim penghujan, pasir dari atas gunung berapi akan turun bersama aliran air. Karena itu, di musim hujan cukup mudah mendapatkan pasir yang bersih dan berkualitas.

Itu dia beberapa tips memilih material bangunan untuk Rumah Sederhana Anda. 

Untuk pertanyaan langsung mengenai tips lainnya, Anda bisa hubungi Agen Consultant kami atau mengunjungi website Rumah Sederhana. (MSH)

ImgWaNow