6 Tips Merawat Dinding Bata Ekspos agar Lebih Tahan Lama [2022]

Diposting pada 21 January 2022

Dinding bata – Batu bata ekspos kerap menjadi tren dekorasi dinding bata pada rumah, karena memiliki corak khas yang alami.

Penggunaan batu bata ekspos untuk dinding rumah akan memberikan kesan natural pada rumah. Material ini memiliki bentuk yang rapi karena strukturnya yang padat dan memiliki permukaan yang rata.

Karakteristik dinding bata tersebut membuat permukaan yang menggunakan material ini tidak perlu diberikan finishing seperti plesteran.

Namun, dinding bata ekspos ternyata membutuhkan perawatan yang cukup cermat agar dinding tetap menawan dan tidak mudah rusak.

Sebagai konsultan dan partner developer properti, kami telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat dinding batu bata ekspos secara tepat.

6 Tips Merawat Dinding Bata Ekspos agar Lebih Tahan Lama yang Layak Anda Coba

Melapisi Dinding Bata dengan Bahan Coating

Material batu bata ekspos memiliki tekstur yang kasar. Usahakan untuk tidak membiarkan material dengan tekstur yang kasar tampil apa adanya.

Anda perlu melapisi dinding batu bata ekspos menggunakan bahan coating untuk melindungi permukaan dinding serta membuatnya tampil lebih berkilau.

Selain itu, melapisi dinding batu bata ekspos dengan bahan coating juga akan melindungi lapisan permukaan dinding dari debu dan lembap.

Usahakan untuk melapisi dinding batu bata ekspos dengan coating secara rutin agar dinding tahan lama dan tidak mudah rusak.

Gunakan Kuas untuk Membersihkan Dinding Bata

Tidak seperti bata yang dilapisi dengan acian maupun plester, dinding batu bata ekspos memiliki permukaan yang sangat kasar dan mudah kotor.

Partikel seperti debu dan kotoran sangat mudah menempel pada permukaan dinding batu bata ekspos. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan dinding secara rutin dengan menggunakan kuas agar debu dan kotoran tidak menumpuk di permukaan bata.

Tujuan membersihkan dinding dengan menggunakan kuas adalah supaya permukaan dinding tidak rusak ketika dibersihkan. Dengan begitu, warna pada dinding batu bata ekspos tidak berubah dan tetap berkilau.

Gosok dengan Campuran Air Sari Lemon

Selain rutin membersihkan dinding batu bata ekspos dengan menggunakan kuas, Anda perlu melakukan perawatan harian lainnya. Yaitu dengan menggosok permukaan dinding menggunakan sikat halus dengan air sari lemon.

Caranya, Anda dapat menuangkan air sari lemon ke dalam ember yang berisikan air, lalu celupkan sikat dengan bulu halus ke dalamnya dan menggosokkannya pada dinding secara perlahan.

Setelahnya, Anda dapat mengeringkannya dengan kain bersih. Usahakan untuk memperhatikan bagian bawah dinding, karena debu dan kotoran cenderung menumpuk pada area tersebut.

Pastikan Kondisi Dinding Bata Tetap Kering

Usahakan untuk terus menjaga dinding batu bata ekspos tetap dalam keadaan kering. Hal tersebut dikarenakan air dapat membahayakan kondisi dinding rumah.

Dinding yang lembab akan membuat struktur dinding menjadi lapuk dan mudah roboh. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa dinding batu bata ekspos pada rumah Anda tetap kering agar dinding tetap kokoh dan tahan lama.

Segera Basmi Jamur dan Lumut

Dinding bata ekspos rentan terhadap pertumbuhan jamur dan lumut pada permukaannya. Benih jamur dan lumut biasanya diterbangkan oleh angin lalu mendarat di permukaan dinding batu bata ekspos.

Jamur dan lumut akan tumbuh jika kondisi dinding kotor dan lembab. Jika Anda menemukan jamur atau lumut pada permukaan dinding rumah Anda, segera basmi dengan menyiramkan air aki untuk melawan jamur dan lumut hingga ke akarnya.

Hati-hati dalam Memasang Paku pada Permukaan Dinding

Untuk menghias dinding rumah, biasanya Anda akan memasang paku untuk menggantung lukisan, foto, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan batu bata ekspos pada dinding Anda, usahakan untuk berhati-hati dalam memasang paku di permukaan dinding.

Anda dapat menancapkan paku pada bagian adonan semen agar kuat dan dapat menambal bekasnya. Usahakan untuk tidak memasang paku pada bagian batu bata karena dapat membuat kerusakan pada dinding.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat dinding bata ekspos pada rumah Anda. Dengan menerapkan 6 tips di atas, dinding batu bata ekspos akan terjaga kebersihan serta kekokohannya.

Bagaimana kondisi dinding bata Anda, apakah ada perawatan lebih yang perlu dilakukan setelah membaca tips di atas? Kunjungi Rumahsederhana.id untuk informasi dan rekomendasi menarik lainnya seputar dunia properti. Kami adalah konsultan dan partner developer properti yang siap menjadi agen terpercaya untuk Anda! (GYS)

 

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow