7 Ide Desain Ruang Baca Minimalis di Rumah Sederhana Anda

Diposting pada 10 August 2022

Desain ruang baca minimalis - Membaca bisa membawa kita ke bagian-bagian dunia yang belum pernah kita kunjungi, sehingga kita benar-benar seolah-olah merasa di sana dan merasakan atmosfernya.

Bagi Anda yang senang membaca, buku-buku favorit bisa menjadi pereda stres yang efektif. Anda tidak perlu pergi kemana-mana, cukup di dalam rumah, bersantai menikmati makanan dan minuman kesukaan sambil membaca buku. 

Masalahnya, mungkin Anda tidak punya ruang baca yang ideal di rumah sederhana Anda. Tenang, Anda mendapatkan artikel yang tepat, karena di sini kita akan membahas ide-ide desain ruang baca minimalis yang bisa langsung Anda terapkan di dalam rumah. 

Sambil mempertimbangkan sisi sebelah mana di dalam rumah sederhana Anda yang akan Anda jadikan ruang baca, mari kita simak bersama ulasan tentan ide desain ruang baca berikut ini. 

7 ide desain ruang baca minimalis yang bisa Anda terapkan untuk rumah sederhana Anda

7 Ide Desain Ruang Baca Minimalis di Rumah Sederhana Anda

Mengutamakan privasi

Ruang baca tentunya bukan hanya suatu spot di dalam rumah untuk membaca, tetapi juga ruang pribadi yang memberi Anda kenyamanan.

Nah, untuk itulah Anda perlu tahu betul apa saja yang akan membuat nyaman ketika Anda menghabiskan waktu di sana.

Setelah seharian penuh dengan jadwal dan kegiatan, pulang ke rumah dan menikmati waktu membaca di ruang baca yang cozy pastilah menyenangkan.

Fokus pada kenyamanan

Sambil membaca, tentunya Anda juga sembari menikmati suasana di dalam ruangan. Kenali apa saja yang bisa membuat Anda semakin nyaman di ruang baca minimalis Anda. 

Misalnya, Anda bisa menambah bean bags dan karpet halus untuk Anda lesehan. Atau, Anda lebih senang menggunakan kipas angin atau merasakan udara segar dari jendela dibandingkan menghidupkan AC. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda agar selalu nyaman.

Pilih warna-warna pastel

Pastikan Anda memilih warna-warna pastel atau kalem untuk ruang baca Anda. Ini akan membantu Anda lebih fokus dan lebih tenang. Warna-warna yang terlalu terang atau mencolok akan membuat mata Anda mudah lelah.

Momen membaca membutuhkan suasana yang kalem dan warna-warna cat pastel mendukung ruang baca Anda dengan memunculkan nuansa menenangkan. 

Memasang rak buku

Supaya buku-buku Anda tertata rapi dan mudah ditemukan kembali, pasanglah rak di ruang baca Anda. Pastikan ukurannya pun proporsional dengan ruang baca Anda. 

Jika Anda menginginkan rak buku yang tinggi, maka Anda membutuhkan hunian dengan plafon yang tinggi juga sepeti di Ghara Jingga Residence. Siapa tahu Anda juga sedang mempertimbangkan punya rumah di Jogja, Anda bisa menghubungi Tim Marketing kami hari ini. 

Atau, jika Anda ingin melihat-lihat berbagai tipe dan desain hunian dengan harga terjangkau, kunjungi Rumah Sederhana. Tersedia di seluruh Indonesia, pilih sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan. 

Mengatur pencahayaan

Cahaya menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan di ruang baca Anda. Tanpa cahaya, ruang baca menjadi gelap dan tentu tidak ideal untuk aktivitas membaca dan menikmati me time.

Kalaupun bisa menggunakan pencahayaan dari lampu, tetapi sirkulasi udara kurang bagus. Ini bisa berdampak pada kesehatan Anda, apalagi jika Anda menghabiskan banyak waktu di ruangan tersebut. 

Ruang baca yang ada jendelanya adalah yang paling ideal. Anda bisa menikmati pemandangan di luar saat hujan atau di sore hari ketika sudah lelah membaca. 

Menambah dekorasi

Ruang baca Anda akan makin hidup dengan tambahan dekorasi. Tapi, pastikan Anda tidak memilih dekorasi yang justru membuatnya terlihat sempit dan sesak. 

Misalnya, jika terdapat jendela, beri tirai dengan motif favorit Anda dan sesuaikan dengan warna cat dindingnya. Atau, beri vas bunga mungil di meja jika terdapat meja yang sekalian untuk Anda bekerja. 

Menambah musik

Cobalah sekali waktu Anda menyetel musik di ruang baca Anda. Pilih jenis-jenis musik yang kalem, yang bisa membantu Anda makin fokus membaca.

Musik-musik instrumen yang slow akan membawa atmosfer menenangkan di ruang baca. Tapi, jika tidak terbiasa, pilih musik yang favorit Anda sendiri. (MA)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow