7 Tips Menyiasati Ruang Sempit Rumah Sederhana Anda

Diposting pada 27 July 2022

Menyiasati Ruang Sempit - Sedang bingung mencari cara agar ruang sempit Anda terlihat lebih luas? Ada rencana kerabat datang, sementara Anda merasa rumah sederhana Anda belum layak kedatangan tamu.

Tenang, jangan khawatir dan tidak perlu panik. Rumah Sederhana akan memberikan tips menarik untuk menyiasati ruang sempit Anda. 

Selain itu, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan punya rumah sederhana baru atau berencana mencari aset untuk investasi Anda  bisa mengunjungi Website Rumah Sederhana. Tersedia berbagai pilihan rumah sederhana dengan bermacam-macam desain dan lokasi. 

Sambil Anda melihat-lihat berbagai desain rumah sederhana, mari kita simak bersama tips berikut ini. Anda pun bisa berdiskusi dengan Digital Sales Consultant Rumah sederhana dengan klik di sini

7 tips menyiasati ruang sempit rumah sederhana Anda yang langsung bisa Anda coba

Menyimpan di bawah tangga

Jika Anda punya rumah sederhana 2 lantai, maka optimalkan bagian bawah tangga sebagai tempat penyimpanan yang rapi. 

Anda bisa menyekatnya dengan triplek atau lainnya sehingga terdapat beberapa space untuk jenis-jenis barang yang berbeda.

Misalnya, 1 pintu untuk menyimpan majalan dan buku-buku, 1 pintu yang lain untuk benda-benda kecil yang jarang dipakai, misalnya mangkok, vas bunga dan asbak. Sementara 1 pintu yang lainnya bisa untuk menyimpan alat-alat pembersih rumah, seperti kain pel, sabun, dst.

Pertimbangkan memiliki mezanin

7 Tips Menyiasati Ruang Sempit Rumah Sederhana Anda

Cara lain untuk menyiasati ruang sempit Anda adalah dengan membangun mezzanine. Apa itu mezzanine? Ini adalah lantai tambahan di suatu ruang, yang bisa dioptimalkan untuk menambah ruangan, tetapi tetap jadi satu dengan ruang utama. 

Ruang tambahan ini bisa Anda gunakan sebagai kamar tambahan, terutama jika di rumah sederhana Anda tidak memiliki ruang tidur lagi jika ada kerabat yang datang dan menginap. 

Memilih perabot multifungsi

Jika di rumah Anda ada rak buku atau satu lemari untuk meletakkan TV, cobalah untuk lebih mengoptimalkan space-space yang ada. Misalnya, laci-lacinya bisa untuk menyimpan benda-benda kecil, yang jika tidak disimpan pasti membuat ruangan Anda tidak rapi.

Lalu, jika ada laci atau space lain, bisa Anda gunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting atau buku-buku dan perlengkapan kerja Anda. Intinya, selalu pilih jenis perabot yang menekankan fungsi, bukan segi estetisnya saja. 

Pasang lemari built-in

Jika di dalam kamar Anda kesulitan menata barang-barang, sementara sudah tidak cukup ruang untuk menambah rak atau lemari, pertimbangkan untuk memasang lemari built-in. 

Jenis lemarin ini menempel pada dinding dan bisa Anda desain sesuai kebutuhan. Selain sebagai lemari yang bisa menyimpan baju, selimut dan sprei, bagian-bagian lainnya bahkan bisa Anda gunakan untuk meletakkan bingkai foto dan vas bunga. 

Lemari baju gantung yang  terbuka

Menyiasati ruang sempit intinya adalah menghindari memilih perabot yang terlalu besar atau terus menambah barang dalam suatu ruang.

Pertimbangkan untuk memiliki lemari baju gantung yang terbuka, yang dibawahnya bisa Anda gunakan untuk meletakkan sepatu dengan rapi. Lemari jenis ini akan memaksa Anda selalu berbenah dan membuat kondisi kamar dalam keadaan bersih. 

Tempat laundry tersembunyi

Ini yang sering terlupakan saat menata ruang, yaitu penempatan mesin cuci. Anda bisa menempatkannya di dalam suatu lemari khusus yang bagian atasnya bisa Anda gunakan untuk meletakkan benda-benda lain. 

Perabot lipat untuk menghemat tempat

Di kamar atau di dapur, Anda bisa memilih jenis meja dan kursi lipat, sehingga saat tidak digunakan, Anda bisa melipatnya untuk membuat ruangan lebih lapang. 

Bagaimana, sudah bisa membayangkan bagian mana saja yang akan Anda rombak di rumah? Ikuti terus update dari Blog Rumah Sederhana untuk berbagai tips dan info menarik seputar perumahan serta info tentang developer terpercaya yang jual rumah sederhana. 

Semoga tips menyiasati ruang sempit di rumah sederhana di atas menginspirasi Anda. Have fun menata ruangan biar terlihat lapang dan nyaman untuk menikmati waktu bersama orang-orang tersayang ya. (MA)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow