Apa Itu Kawasan TOD? Yuk Pahami Lebih Jauh!

Diposting pada 23 November 2021

RumahSederhana.id – Bagi Anda yang saat ini sedang mencari perumahan, pastinya Anda sering mendengar perumahan yang terletak di kawasan Transit Oriented Development (TOD). Perumahan yang terletak di kawasan TOD juga menjadi primadona baru bagi masyarakat atau investor yang sedang mencari properti.  

Banyak developer yang juga sedang gencar-gencarnya membangun produk di kawasan TOD. Penting untuk diketahui, dengan memilih tinggal di kawasan TOD, mobilitas hidup Anda akan lebih mudah. Lalu, sebenarnya apa sih TOD itu? Yuk ketahui lebih jauh. 

Penerapan Konsep TOD

TOD adalah sebuah konsep hunian yang terintegrasi dengan sistem transportasi umum. Artinya sebuah hunian yang telah terintegrasi dengan stasiun, terminal, hingga bandara. Selain itu, ada juga yang meafsirkan TOD adalah sebuah konsep yang mendekatkan pemukiman dengan titik-titik transportasi . 

Intinya, Lokasi pembangunan hunian tersebut bisa dibilang sangat dekat dari lokasi-lokasi transportasi umum, baik sabagai tempat tujuan atau sebagai tempat transit. Jika sebagai tempat transit, syaratnya lokasi transit yang disebut sebagai TOD ini bisa membuat orang beralih dari satu moda ke moda transpotasi lainnya dengan jarak tunggu tidak sampai tujuh menit berjalan kaki dari moda transportasi pertama.

Konsep TOD akan Semakin Booming

Kalangan pengembang ramai-ramai memanfaatkan momentum proyek-proyek strategis seperti pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek, mass rapid transit (MRT) dan perluasan area bandara Soekarno-Hatta, untuk membangun hunian. Banyak juga pengembang yang membangun perumahan dengan memilih lahan tidak jauh dari area simpul-simpul transportasi massal tersebut. 

Masyarakat di sekitaran Jabodetabek akan banyak beralih menggunakan LRT, MRT, dan KRL pada tahun ini. Tentunya mereka memilih untuk memiliki hunian yang berada di sekitaran TOD tersebut, agar lebih mempermudah mobilitas dan aktivitas sehari-hari mereka. 

Membantu Kelestarian Lingkungan 

TOD memiliki tujuan untuk menciptakan hunian yang lebih ramah lingkungan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dengan menggunakan moda transportasi umum, Anda jelas akan mengurangi angka polusi yang berasal dari kendaraan pribadi. Jadi, bisa dipastikan saat memilih hunian berkonsep TOD, Anda sudah memiliki kontribusi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sekitar. 

Dengan memilih tinggal di kawasan TOD, selain Anda membantu kelestarian lingkungan dengan tidak menambah polusi dari kendaraan, Anda juga dapat menghemat waktu, energi, serta keuangan Anda. (ZH)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow