Ini Dia Keuntungan Tinggal di Rumah Susun

Diposting pada 07 April 2020
Prime360

Rumahsederhana.id, Tangerang – Hunian vertikal menjadi solusi perumahan yang tepat di tengah kota yang padat. Sebab, konsep hunian vertikal adalah memanfaatkan lahan yang sedikit untuk ditempati banyak orang.

Salah satu bentuk hunian vertikal yakni rumah susun (rusun). Rumah susun merupakan program resmi dari pemerintah untuk tipe rumah bertingkat.  Dalam prakteknya, rumah susun di bagi lagi menjadi dua jenis, yaitu rumah susun atas sewa (rusunawa) atau rumah susun atas milik (rusunami).

Pada hakikatnya, rumah susun sama dengan jenis hunian vertikal lainnya semacam apartemen dan kondominium. Namun, rumah susun biasanya ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kendati ditujukan untuk kalangan yang berbeda, tinggal di rumah susun membawa banyak keuntungan. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1.       Berada di Lokasi Strategis

Sepertinya, upaya pemerintah membangun rumah susun untuk masyarakat tidak main-main. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan lokasi, di mana biasanya rumah susun berada di tempat yang strategis.

Bukan tanpa alasan, karena sebagaimana yang telah disebutkan di awal, rusun dibangun untuk menjadi solusi atas permasalahan keterbatasan pemukiman di daerah perkotaan.

Oleh sebab itu, rusun harus dibangun di lokasi yang strategis agar bisa mempermudah penguninya dalam menjalankan aktivititas sehari-hari.

2.       Harga Terjangkau

Meski berada di lokasi yang strategis, nyatanya pemerintah mematok banderol untuk rumah susun ini dengan harga yang terjangkau. Hal ini berpacu dengan tujuan di awal, dimana rusun memang ditunjukan bagi MBR sehingga wajar harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Kendati demikian, fasilitas yang ditawarkan rusun tidak muraha. Meski tak selengkap dan semewah apartemen, tetapi biasanya rusun juga sudah dilengkapi dengan elevator sehingga mempermudah mobilitas penghuninya.

3.       Biaya Hidup jadi Lebih Hemat

Selain harganya yang terjangkau, tinggal di rumah susun juga bisa membuat penghuni berhemat. Balik lagi kepada faktor lokasinya yang strategis, sehingga penghuni dekat untuk pergi ke mana saja dan bisa menerapkan pola hidup hemat.

Selain menghemat biaya, tinggal di rusun juga bisa membuat penghuni hemat waktu dan hemat tenaga.

4.       Sistem Keamanan 24 Jam

Jangan salah sangka, meski tak semewah apartemen, tetapi rumah susun juga menerapkan sistem keamanan 24 jam. Gerbang masuk rumah susun pun kini sudah dijaga ketat oleh pihak kemanan dan tak sembarang orang bisa masuk.

Debgan sistem keamanan 24 jam membuat penghuni jadi aman dan nyaman meski sedang meninggalkan rumah susun.

5.       Adanya fasilitas Bersama

Kualitas rusun sekarang ini sudah tidak bisa dianggap remeh. Kini, rumah susun sudah dilengkapi dengan fasilitas Bersama, terutama lahan bermain untuk anak-anak.

Tak berhenti sampai di situ, rumah susun juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang layak, seperti tempat parkir, saluran limbah, aliran listrik dan gas, alat komunikasi, fasilitas perbelanjaan, kesehatan, pendidikan peribadatan, lapangan, sampai lahan bercocok tanam. (MDA)