Blog | Rumahbali.id

Simak, Ini Dia! Strategi Beli Rumah di Usia Muda

Diposting pada 05 August 2022

Beli Rumah di Usia Muda – Memiliki hunian pribadi menjadi kebutuhan setiap orang, tak terkecuali bagi keluarga muda yang tengah memulai mahligai pernikahan.

Meskipun telah menjadikan rumah sebagai prioritas utama, rupanya generasi milenial tidak dapat langsung mewujudkan target tersebut.

Masih banyak hal yang perlu dipersiapkan agar generasi milenial mengenai sulitnya mewujudkan rumah impian di masa mendatang.

Beberapa hal diduga yang menjadi faktor yang menyulitkan generasi ini untuk memiliki hunian pribadi adalah kenaikan harga atau inflasi harga rumah yang terus terjadi setiap tahun.

Selain inflasi harga tanah, meningkatkan hidup serta pendapatan yang rendah, gaya hidup konsumtif yang diadopsi oleh sebagian besar milenial juga menjadi tantangan besar bagi mereka.

Meski banyak tantangan yang harus dihadapi tidak menutup kemungkinan jika beli rumah di usia muda bisa diwujudkan.

Tips Beli Rumah di Usia Muda yang Bisa Anda Terapkan

Banyak orang yang menjadikan rumah sebagai tolok ukur pencapaian besar dalam hidup mereka. 

Hal ini sangat wajar karena memiliki rumah jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan kepemilikan aset dalam bentuk yang lainnya.

Rumah juga menjadi salah satu aset dengan nilai investasi yang selalu naik setiap tahunnya.

hal ini juga yang menjadi alasan bagi sebagian banyak orang yang menginvestasikan uang mereka dalam bentuk rumah.

Manajemen Keuangan 

Tips memiliki rumah di usia muda yang pertama adalah menentukan tujuan keuangan Anda dan manage keuangan Anda dengan baik dan benar.

Anda juga perlu tahu berapa harga rumah yang Anda inginkan agar Anda dapat memperkirakan nominal uang yang harus Anda kumpulkan.

Idealnya jumlah tabungan yang harus Anda siapkan sebesar 30 persen dari pendapatan Anda. Dengan konsisten menabung Anda akan lebih terbiasa untuk membayar cicilan rumah.

Namun, Anda perlu memperhatikan mengenai adanya inflasi properti dan biaya-biaya lainnya yang perlu dikeluarkan saat membeli rumah.

Pilihannya adalah antara memperpanjang waktu menabung atau meningkatkan nilai uang tabungan yang perlu disisihkan.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Selain dengan gaji pekerjaan utama, Anda juga bisa memperluas sumber pendapatan Anda dengan kerja atau bisnis sampingan.

Namun, yang perlu Anda perhatikan, kerja atau bisnis sampingan ini dapat Anda kerjakan di luar jam kerja atau tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Temukan pekerjaan sampingan yang dapat Anda kerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama di kantor.

Berinvestasi

Membiarkan uang mengendap di tabungan dalam jangka waktu yang lama bukanlah sebuah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Mulailah berinvestasi untuk menyelamatkan uang Anda dari nilai uang yang terus mengalami penurunan di setiap tahunnya.

Anda bisa mulai dengan cara ikut menanam modal di dalam usaha yang dikelola teman atau keluarga Anda. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan bagi Anda di masa yang akan mendatang.

Menargetkan Rumah Impian yang Akan dibeli

Agar tidak salah langkah dalam memiliki rumah nantinya, pastikan Anda telah mencari informasi mengenai rumah idaman dengan baik dan benar.

Terutama mengenai informasi pembiayaan yang nantinya Anda pilih untuk membiayai pembelian rumah.

Selain itu, menargetkan rumah juga berguna untuk mengetahui DP rumah yang perlu Anda persiapkan.

Jumlah DP yang perlu dibayar beragam, umumnya berkisar antara 20 hingga 30 persen dari harga rumah.

Itulah tips yang perlu Anda lakukan agar beli rumah di usia muda bisa Anda wujudkan. Kunjungi website Rumah Sederhana untuk mendapatkan tips menarik lainnya. (MSH)

ImgWaNow