Terapkan Ventilasi di Rumah Sederhana Anda Agar Kualitas Udara Tetap Sehat

Diposting pada 20 July 2022

Rumah Sederhana – Sirkulasi udara merupakan salah satu unsur terpenting yang harus ada di rumah sederhana Anda.

Rumah yang memiliki sirkulasi baik pasti akan terasa lebih nyaman karena kualitas udara yang masuk di dalam rumah memiliki kandungan oksigen yang baik bagi kesehatan Anda.

Kondisi rumah yang penuh dengan furniture dan tertutup tentu dalam jangka waktu lama tidak baik bagi kualitas hidup Anda dan bisa membuat rumah terasa sumpek.

Untuk memiliki sirkulasi udara yang ideal sebuah rumah harus dilengkapi dengan ventilasi udara. 

Ventilasi udara merupakan ruang atau lubang yang sengaja dibuat pada  bagian tertentu di dalam rumah sebagai jalan keluar masuknya udara sehingga pergantian udara berjalan dengan baik.

Rumah dengan ventilasi yang ideal tidak hanya berperan menjadi jalan keluar masuknya udara untuk kesejukkan di dalam rumah. 

Namun, ia juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dimana penyebab timbulnya penyakit di dalam rumah Anda bisa jadi dipengaruhi oleh kualitas sirkulasi udara di dalam rumah yang kurang baik.

Sirkulasi yang buruk berpotensi menimbulkan berbagai penyakit ringan hingga berat seperti penyakit kulit, flu, demam, dan berbagai alergi.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui berbagai jenis ventilasi udara yang bisa Anda terapkan untuk Rumah Sederhana Anda di masa depan.

Apa saja jenis ventilasi rumah yang bisa Anda terapkan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Ventilasi Rumah yang Bisa Anda Terapkan di Rumah Sederhana Agar Sirkulasi Udara di Dalam Ruangan Tetap Lancar

Ventilasi Jalusi

Ventilasi Jalusi merupakan jenis ventilasi yang memiliki bentuk yang menarik berupa ruas-ruas horizontal.

Biasanya ventilasi jenis ini terbuat dari kayu atau alumunium dimana desainnya yang sederhana membuat ventilasi ini banyak diaplikasikan di rumah-rumah sederhana.

Ventilasi Boven

Ventilasi ini merupakan salah satu jenis ventilasi yang banyak diterapkan di sebagian besar rumah yang ada di Indonesia.

Baik perumahan tradisional maupun modern, jenis ventilasi boven ini cocok untuk diaplikasikan di rumah Anda.

Ventilasi ini berbentuk seperti batu bata atau ukiran kayu yang biasanya dijual dalam berbagai macam bentuk.

Anda bisa menemukan bentuk yang menyatu dengan pintu atau jendela dan ada yang dijual terpisah untuk ukuran tertentu.

Ventilasi Dinding

Ventilasi dinding ini bisa Anda terapkan di ruangan tertutup dan terbuka. 

Ventilasi Dinding jelas berbeda dengan ventilasi pembuangan untuk membuang udara dan mengalirkan udara dari luar masuk ke dalam dengan melalui proses penyaringan terlebih dahulu.

Ventilasi Loster

Ventilasi jenis ini biasanya digunakan di bangunan-bangunan khusus yang dibangun dengan tema Maroko atau Timur Tengah. 

Ventilasi Loster memiliki ukiran lubang yang unik yang cocok diterapkan sebagai ventilasi tambahan yang dipasang di dinding Rumah Sederhana Anda..

Ventilasi Kaca Nako

Ventilasi kaca nako ini banyak digunakan sebagai mode jendela di perumahan dengan konsep tradisional. Namun, desainnya yang praktis membuat kaca ini digunakan sebagai ventilasi udara. 

Ukuran ventilasi ini bisa Anda sesuaikan dengan luas Rumah Sederhana Anda.

Konsep yang melekat dengan alam membuat kaca nako sangat cocok untuk Anda terapkan di Rumah Sederhana Anda di masa depan

Nah menarik bukan? Kira-kira jenis ventilasi mana yang akan Anda pilih? Kunjungi website kami di Rumah Sederhana atau hubungi tim kami di sini untuk mendapatkan info menarik lainnya. (MSH)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow