Blog | Rumahbali.id

Tips Membangun Rumah Kayu Minimalis untuk Hunian Masa Depan Anda

Diposting pada 24 June 2022

Rumah Kayu Minimalis – Desain rumah kayu minimalis menjadi sebuah hunian nyata kini telah banyak diterapkan dan bisa Anda temui dengan mudah di Indonesia.

Desain rumah kayu minimalis termasuk desain yang unik dan berbeda di zaman sekarang karena sebagian besar menerapkan desain minimalis sederhana.

Namun jika Anda ingin tampil sedikit berbeda, tidak ada salahnya untuk menerapkan desain ini.

Keberadaan rumah berbahan dasar kayu bukan belum pernah ada. Bahkan rumah tradisional di zaman dahulu banyak yang menggunakan bahan kayu sebagai dinding dan atap rumah mereka.

Hal ini dikarenakan orang zaman dahulu belum mengenal bahan material seperti semen, pasir dan lainnya.

Sebelum membangun sebuah rumah kayu minimalis. Anda perlu mempertimbangakn beberapa hal agar bangunan yang Anda rancang berjalan dengan baik.

6 Tips Membangun Rumah Kayu Minimalis 

Budget

Sebelum Anda memutuskan untuk desain rumah sederhana dengan material kayu, Anda perlu memastikan budget yang Anda miliki cukup.

Meski berbahan kayu, nyatanya material kayu lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya. 

Hal ini dikarenakan semakin terbatasnya pohon yang ada saat ini dimana berbeda dengan kondisi di zaman dahulu.

Dalam proses pembangunannya juga diperlukan ketelitian secara detail yang tentunya akan memerlukan waktu cukup panjang dalam pembangunannya.

Meskipun berkonsep minimalis, Anda perlu memastikan budget yang Anda miliki cukup untuk melakukan prosesnya dari awal hingga akhir.

Pemilihan Bahan

Di pasaran banyak jenis kayu dengan kualitas yang berbeda. Pastikan Anda memilih jenis kayu dengan kualitas yang baik.

Hal ini menjadi penting agar kondisi rumah Anda bisa bertahan lama hingga ditinggali oleh cucu Anda nanti.

Membuat Sketsa atau Gambar Rumah

Sketsa dan gambar nantinya akan menjadi acuan ketika realisasi pembangunan rumah. Anda bisa meminta bantuan seorang ahli di bidang tersebut agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Sketsa dan gambar mempengaruhi hasil akhir bangunan rumah. Hal ini juga bisa menjadi acuan anggaran yang diperlukan dan ketersediaan kayu yang dibutuhkan.

Memilih Lokasi yang Tepat

Rumah Sederhana dengan material kayu tidak bisa dibangun di sembarang tempat. Apabila lokasi yang sudah ada kurang cocok untuk konstruksi kayu sebaiknya Anda memilih lokasi yang lainnya.

Sangat tidak disarankan membangun rumah kayu di bibir pantai. Alasannya karena rumah yang dibangun di lokasi ini memiliki potensi untuk mudah rusak terkena angin yang cukup besar.

Menerapkan Konsep Bongkar Pasang

Beberapa konsultan merekomendasikan pembangunan rumah kayu minimalis dilakukan dengan pola knock down atau bongkar pasang.

Model seperti ini dalam pemasangannya cukup dengan meraitnya sehingga menjadi lebih praktis dan relatif cepat dan dapat menghemat biaya dalam proses pengerjaannya.

Melakukan Perawatan Rutin

Setelah Rumah Sederhana Anda telah selesai dalam pengerjaanya maka Anda harus disiplin dan teliti dalam merawatnya.

Hal ini dikarenakan material kayu sendiri rentan lapuk saat musim kemarau dan lembap saat musim hujan.

Lakukan perawatan mulai dari dinding, tiang, hingga lantainya. Untuk melakukan perawatan lantai kayu sendiri berbeda dengan perawatan lantai dari keramik.

Apabila Anda melihat adanya kerusakan kecil maka segeralah untuk melakukan penanganan agar kerusakan tidak bertambah parah dan melebar kemana-mana.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda membuat Rumah Kayu Minimalis. 

Kunjungi kami di Rumah Sederhana, di sana Anda akan mendapatkan tips menarik mengenai rumah minimalis terbaik untuk Anda.

Anda juga bisa menghubungi kami melalui Sales Consultant di sini. Yuk segera wujudkan impian rumah masa depan, rumah kayu minimalis Anda sekarang juga. (MSH)

ImgWaNow