Tips Merawat Lantai Kayu untuk Rumah Sederhana Anda

Diposting pada 21 July 2022

Rumah Sederhana – Di 2022, penggunaan lantai yang berasal dari bahan kayu kini tengah menjadi tren favorit di masyarakat kita.

Memiliki warna yang natural menjadikan keramik kayu cocok untuk dipadukan dengan berbagai desain yang ada di rumah Anda.

Tren lantai dengan menggunakan bahan kayu memang tidak ada matinya. Di era modern saat ini, masih banyak orang yang menggunakan lantai rumahnya dengan bahan kayu. 

Rumah dengan lantai kayu memang menyenangkan. Warna dan teksturnya sangat menawan. Saat dipijak juga tidak terasa dingin. 

Kesan hangat kayu memang sulit tertandingi. Lantai kayu, terutama lantai dari kayu solid juga memberi kesan eksklusif bagi hunian Anda. 

Namun, di balik kelebihan dalam menggunakan material lantai yang berbahan kayu, tentunya ada kelemahannya yaitu cara membersihkan dan perawatannya haruslah dilakukan dengan cara yang benar. 

Jika Anda menggunakan lantai kayu, berikut ini kami sediakan beberapa tips pintar untuk merawatnya. 

Tips Merawat Lantai Kayu untuk Rumah Sederhana Anda

Sapu Secara Rutin Setiap Hari

Seperti lantai keramik, lantai kayu juga harus dirawat dan dibersihkan secara rutin. 

Meskipun di dalam rumah alas kaki dilepas, tetapi tetap saja debu yang terbawa oleh angin bisa datang dan membuat lantai akan menjadi kotor.

Sapulah lantai kayu setiap hari apalagi jika Anda memiliki hewan peliharaan di dalam rumah Anda, maka Anda perlu membersihkannya serutin mungkin.

Hindari Kelembapan

Musuh ‘bebuyutan’ kayu adalah kelembapan. Maka dari itu, jangan pernah membersihkan lantai kayu dengan cara dipel, melainkan cukup disapu saja. 

Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang berujung pada pelapukan. 

Trik lain untuk menghindari kelembaban pada lantai adalah menggunakan bahan kimia anti rayap. Cara pemakaiannya adalah dengan disuntikkan pada beberapa potongan kayu. 

Gunakan Bahan Kimia Anti Rayap

Apabila lantai rumah Anda terbuat dari kayu berbahan parket maka Anda perlu menggunakan bahan kimia anti rayap.

Anda bisa menyuntik beberapa potongan kayu dengan obat kimia agar lantai kayu bisa bertahan lebih lama.

Pindah Posisi Perabot

Bagi rumah yang lokasinya berada di area tropis, lantai parket akan membutuhkan perawatan esktra agar warna tidak pudar akibat paparan cahaya matahari. 

Siasatnya, rutinlah menukar letak perabot di ruangan yang lantainya menggunakan kayu. 

Atau bisa juga lakukan proses steam tiap 6 bulan sekali, dengan maksud agar warna dan kebersihan lantai kayu tetap berjaga. 

Mengepel Lantai Kayu dengan Air Hangat Selama Satu Bulan Sekali

Berbeda dengan jenis lantai yang lainnya, mengepel lantai kayu sebaiknya jangan terlalu sering Anda lakukan.

Anda bisa mengepelnya setiap sebulan sekali atau saat lantai Anda menjadi kotor. Gunakan air yang tidak terlalu panas kemudian peras sampai tidak terlalu basah.

Lapisi Karpet 

Agar lantai kayu terpelihara dengan baik, penghuni juga bisa melapisinya dengan karpet atau permadani. 

Untuk menjaga keamanan anggota keluarga dalam rumah, pilih karpet dengan alas yang tidak licin dan tidak mudah tergeser. 

Selain itu, karpet juga harus sering dijemur agar tidak menimbulkan kelembapan pada lantai kayu.

Hindari Memindahkan Furnitur dengan Cara Menggeser

Saat hendak memindahkan perabotan rumah, lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores atau merusak permukaan lantai kayu.

Jika Anda mengangkat barang yang terlalu besar, sebelumnya Anda bisa mengalasinya dengan kain atau keset rumah.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa melapisi kaki-kaki perabotan dengan furniture pads. Nah itu dia tips merawat lantai kayu yang bisa kamu terapkan agar tidak mudah rusak. 

Kunjungi website kami di Rumah Sederhana atau hubungi Sales Consultant kami untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya.(MSH)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow