Tips Mudah Berkebun di Pekarangan Rumah Sederhana Anda

Diposting pada 01 August 2022

Rumah Sederhana – Di rumah saja bukan menjadi alasan untuk kita tidak produktif. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang selama di rumah.

Salah satu kegiatan yang bisa Anda coba adalah berkebun. Berkebun merupakan salah satu cara yang paling menyenangkan yang wajib Anda coba untuk mengisi kejenuhan selama berada di rumah.

Sebelum memulai untuk berkebun, pastikan Anda mengetahui beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk berkebun.

Menurut sebuah penelitian, berkebun memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan mental.

Hal ini dikarenakan berkebun merupakan aktivitas fisik yang memiliki intensitas setara dengan lari diatas treadmill berkecepatan 5 km/jam.

Meskipun berkebun terlihat seperti aktivitas ringan, tetapi berkebun mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Berkebun juga mampu menjaga kesehatan otak dan menjaga pikiran menjadi positif sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengikuti tips dari Rumah Sederhana berikut ini.

6 Tips Mudah Berkebun yang Bisa Anda Coba di Pekarangan Rumah Sederhana Anda

Jika Anda ingin mencoba berkebun di pekarangan rumah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar berjalan lancar.

Buat Media Tanam yang Tepat

Jika Anda tinggal di area perkotaan, maka Anda harus membuat media tanamnya terlebih dahulu. Apabila kualitas tanah kurang cocok untuk menanam tumbuhan maka Anda perlu mencari solusinya.

Oleh kerena itu, Anda perlu membuat media tanam sendiri dari campuran empat bahan utama.

Mulai dari tanah liat, pupuk kandang atau kompos, sekam basah, dan sekam bakar dengan perbandingan yang tepat.

Pilih Jenis Tanaman

Langkah selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah memilih jenis tanaman apa yang ingin Anda tanam.

Terdapat banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda pilih dengan perawatan yang mudah dan praktis.

Agar memudahkan Anda dalam menanamnya, pilihlah jenis tanaman yang cocok untuk iklim yang ada di Indonesia.

Meski begitu, alangkah baiknya Anda tidak menanam hanya satu jenis tanaman saja. Hal ini dikarenakan sebuah kebun membutuhkan perlindungan support system yang baik.

Anda bisa memperbanyak varian tanaman untuk membentuk ekosistem yang baik untuk binatang yang biasanya ada di kebun.

Mulai dari Skala Kecil

Mulai sesuatu alangkah baiknya dimulai dari skala yang kecil, termasuk dalam proses berkebun. Anda bisa memulai dengan dua atau tiga pot terlebih dahulu.

Memulai dengan skala kecil juga membuat Anda belajar membiasakan diri merawat tanaman dengan baik.

Waktu yang Anda butuhkan terbilang tidak terlalu lama untuk merawat beberapa tanaman di dalam pot atau sudut kecil di bagian belakang rumah.

Pastikan Ketersediaan Sumber Air

Ketersediaan sumber air menjadi hal yang penting untuk tanaman Anda. Anda bisa memanfaatkan air bekas serta air hujan yang tidak mengandung bahan kimia untuk tanaman agar bisa tumbuh subur.

Anda juga bisa menggunakan air bekas cucian sayur maupun beras yang didiamkan selama semalam. Selain itu, air bekas ini bisa Anda manfaatkan sebagai campuran kompos untuk tanaman Anda.

Perhatikan Sanitasi

Untuk sanitasi tanaman, Anda bisa menggunakan plastik maupun polybag sebagai alternatif Anda juga bisa menggunakan pot yang kokoh agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Salah satu cara lain yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan daun-daun kering atau tanaman berakar pendek.

Menarik bukan? Itulah beberapa tips dan manfaat yang bisa Anda rasakan ketika berkebun di pekarangan Rumah Sederhana Anda.

Kunjungi website kami di Rumah Sederhana untuk mendapatkan tips menarik lainnya dan informasi tentang Rumah Sederhana yang dijual dengan berbagai unit dan desain serta lokasi. Untuk pertanyaan langsung bisa hubungi kami di sini. (MSH)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow