Tips Renovasi Rumah Minimalis Agar Tetap Hemat

Diposting pada 14 July 2022

Renovasi Rumah Minimalis – Dalam memulai renovasi rumah, biaya menjadi hal yang perlu Anda perhatikan.

Anda perlu memaksimalkan furnitur dan perabot yang masih bisa dipakai kembali di rumah setelah direnovasi agar biaya yang Anda keluarkan setelah renovasi tidak membengkak.

Renovasi rumah juga menjadi cara cepat, efisien dan murah dibandingkan dengan Anda menjual dan mencari rumah baru.

Sebelum Anda memulai renovasi perhatikan terlebih dahulu faktor-faktor seperti usia rumah, mendesak tidaknya renovasi dan lain sebagainya.

Anda memerlukan alasan yang kuat pada saat akan melakukan renovasi rumah. Jangan sampai hanya karena warna cat yang pudar tetapi Anda memutuskan untuk merenovasi seluruh bagian rumah.

5 Tips Renovasi Rumah Minimalis yang Bisa Anda Terapkan

Membuat Skala Prioritas

Carilah bagian rumah yang menjadi prioritas untuk dilakukan renovasi rumah misalnya melakukan penambahan ruang, menambah dinding atau hanya mengganti dinding.

Dengan mengetahui prioritas, maka Anda akan dengan mudah menentukan bahan bangunan apa saja yang Anda butuhkan dalam merenovasi.

Anggaran dan Budget

Hal ini mungkin menjadi bagian terpenting dalam melakukan renovasi rumah. 

Gambaran umum anggaran yang diperlukan untuk renovasi rumah adalah mulai dari biaya jasa pekerja, peralatan dan sebagainya.

Setelah mengetahui semua anggaran biaya dan tahu berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan maka diperlukan meninjau ulang jumlah tabungan yang dimiliki.

Bila perlu Anda bisa memangkas beberapa hal yang memang tidak dibutuhkan. 

Ada baiknya Anda memiliki sisa tabungan yang cukup banyak selama renovasi dilakukan untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan yang tidak terduga.

Furnitur Minimalis

Salah satu trik rahasia dari tampilan interior ruangan yang minimalis adalah terletak di furniture yang modern dan minimalis.

Pemilihan furniture juga harus diimbangi dengan nuansa harmonis dari dinding dan konsep rumah Anda. Terdapat banyak furniture yang terjangkau, tetapi memiliki tampilan yang lucu yang bisa Anda pilih.

Pastikan juga furnitur yang Anda tambahkan bernilai fungsional dan tidak membuat kondisi rumah Anda menjadi terlihat penuh.

Mempersiapkan Desain

Persiapkan desain yang diinginkan, lakukan diskusi dengan keluarga Anda mengenai area yang akan direnovasi.

Apabila Anda ingin tahap persiapan desain ini lebih maksimal, Anda bisa memilih jasa arsitek atau desainer interior untuk membantu desain area yang ingin Anda renovasi.

Jelaskan segala kebutuhan dan keinginan Anda pada arsitek atau desainer interior. Apabila Anda memiliki banyak budget yang ingin dikeluarkan segera informasikan ke arsitek Anda.

Setelah menemukan konsep desain yang diinginkan, langsung saja memilih denah ruangan yang sesuai dengan ukuran rumah Anda.

Untuk tahap ini Anda perlu mencari referensi denah dan peletakan denah yang sesuai dengan selera Anda juga di rubrik denah.

Pilih Bahan Material yang Terjangkau

Jika memungkinkan Anda tidak perlu menggunakan furnitur serba baru ketika merenovasi sebuah rumah.

Anda juga bisa menggunakan pintu, jendela, serta atap rumah yang lama untuk bisa lebih menghemat biaya.

Jika Anda memiliki budget yang terbatas akan Anda bisa memilih barang atau bahan material dengan harga yang lebih bersahabat.

Anda tidak perlu memaksakan membeli material dengan harga di luar budget yang membuat biaya renovasi Anda membengkak.

Itulah tips renovasi rumah minimalis yang bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda. Ingin tahu artikel informatif lainnya? Kunjungi Rumah Sederhana sekarang juga.

Untuk pertanyaan langsung juga bisa menghubungi tim sales kami di sini. Segera wujudkan Rumah Sederhana impian Anda sekarang juga. (MSH)

Another Prestigious Project by rumahsederhana.id

ImgWaNow